oleh

Hutan Kota Ranggawulung Menjadi Paru-Paru Kota Subang

-News-1.024 views

min.co.id/Subang – Pemanasan Global yang dulu menjadi perhatian dunia kini nyaris tak terdengar seiring bergesernya isu global tentang masalah politik internasional. Kita sebagai penghuni bumi yang sangat ketergantungan kepada alam semesta maka kelestarian aneka hayati baik flora maupun fauna harus kita jaga, kita pelihara keberlangsungannya.

Hutan Kota Ranggawulung yang letaknya sangat strategis di jalan raya Subang-Bandung, 2 kilometer dari pusat pemerintahan kabupaten Subang dengan luas total 80.8458 ha. Sedangkan yang dijadikan hutan kota Ranggawulung seluas 12.974 ha sesuai SK Hutbun No. 522/kep.70/DPPKAD/2015, terletak pada 160-200 meter dpl dengan kemiringan 0-25%, maka hutan kota Ranggawulung tidak hanya berfungsi sebagai pusat konservasi tetapi juga daerah resapan air, dan yang terpenting adalah merupakan paru-paru bagi kota Subang.

Ditemui di Hutan Kota Ranggawulung Nurjanah sebagai pejabat eselon IV Dinas Lingkungan Hidup Subang yang didampingi Arifin sebagai Pelaksana dalam pengelolaan hutan kota yang menjadi kebanggaan masyarakat Subang. Nurjanah mengatakan “dengan beralihnya pengelolaan hutan kota dari Hutbun ke Lingkungan Hidup pasca dilikuidasinya Hutbun ke Dinas Pertanian, Hutan Kota Rangawulung yang memiliki 93 jenis pohon yang tercatat dengan jumlah populasi 36.671 pohon, sampai kini belum ada surat keputusannya,” jelas Nurjanah yang dibenarkan oleh Arifin.

Komentar

News Feed