oleh

Pemeran Pusaka 2019 “Dermayu Mulih Ng Jati Diri”

Min.co.id-Indramayu-Dewan Kesenian Indramayu menggelar acara Pameran Pusaka, acara pameran pusaka yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) H. Carsim. Bertempat di Gedung Dewan Kesenian Indramayu (DKI) Jl. Veteran No 30 Rabu (09/10/2019)

Ketua DKI Indramayu, Sihabudin melaui ketua harian pameran pusaka Iwan menyatakan pameran pusaka dimaksud adalah lebih kepada pengertian pameran yang menyajikan benda kuno yang berujud tosan aji yang didalamnya termasuk keris, tombak, pedang, kudi, kujang juga berujud naskah baik berbahan rontal, kertas daluang, eropa, leces/bergaris dan berwujud lainya seperti tongkat, busana kuno dan lainya.

Inti dari pameran ini “Dermayu Mulih Ning Jati Diri” bermakna juga ngregani leluhur bina alus ing budi, membentuk aji ning diri dengan kata lain sebagai upaya menghargai jasa para pendahulu (leluhur).

Kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat umum, khususnya kepada generasi muda untuk mengenal dan mencintai budaya melalui peninggalan pusaka masa lalu. Ini dimaksudkan juga agar generasi muda mempunyai rasa memiliki pada budaya daerah.

Pameran digerakan oleh anak-anak Astha Darma ajang silaturahmi Tosan Aji Darma ayu yang diketua oleh H. Juju Juberudin, ST.

Benda pusaka yang dipamerkan ada 50 tosan aji koleksi dari para leluhur dan koleksi dari pejabat daerah, misalnya koleksi punya H. Saefudin Ketua DPRD Indramayu pungkas,” Iwan.(hasto)

Komentar

News Feed