oleh

Pemdes Cipedang Gelar Sedekah Bumi Jelang Musim Tanam

Min.co.id-Indramayu-Pemerintah desa cipedang kecamatan bongas kabupaten indramayu tetap melestarikan adat budaya karifan lokal masyarakat peningggalan nenek moyang dengan melaksanakan upacara “Sedekah Bumi” yang waktunya menjelang awal dimulainya para petani mengolah sawah.

Sedekah Bumi dilaksanakan di Saung Miting Blok K6 Desa Cipedang, kegiatan itu menarik perhatian masyarakat khususnya para petani yang dengan seksama menyaksikan pementasan hiburan tradisional kesenian wayang kulit purwa satria langen budaya ki dalang anom Dian Pradita Kusuma S-Sn dari Celeng lohbener Indramayu. Selasa (09/10/2019).

Hadir Dalam Acara tersebut Camat Bongas Iing Kuswara, Kuwu Desa Cipedang Tonorih, Kapolsek Bongas yang diwakili oleh H Warno, pengamat Pengairan Nur Ali, Kordinator PPL Kusnadi, Tokoh Masyrakat desa Cipedang dan Tokoh Agama, juga Sesepuh desa.

Kuwu Desa Cipedang Tonorih, mengatakan acara adat Sedekah Bumi rutin dilaksanakan Pemdes Cipedang menjelang dimulainya pengolahan sawah Musim Tanam (MT) Atau Musim Panen. Pemdes juga melaksanakan upaca adat Mapag Sri ketika para petani akan memanen padi.

“Pemdes Cipedang menghormati adat dan budaya masyarakat yang merupakan warisan leluhur. Acara adat Sedekah Bumi dan Mapag Sri merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemdes Cipedang bersama masyarakat dalam melestarikan adat istiadat masyarakat setempat,” katanya.

Susunan acara adat Sedekah Bumi dibagi dalam beberapa tahap. Pertama ; Pengumpulan Tumpeng di lanjutkan dengan Tahlil atau kirim do’a bersama, Kedua, pementasan wayang kulit siang hari yang dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Ketiga, lanjutan pementasan wayang kulit semalam suntuk, jelas Tonorih.

Sedekah Bumi dihelat Pemdes Cipedang melibatkan berbagai elemen masyarakat di dalamnya. “Makna dari penyelenggaraan upacara adat Sedekah Bumi adalah memohon kepada Allah SWT agar para petani yang akan melaksanakan pengolahan sawah pada Musim Tanam Rendeng selamat dan hasil panen berlimpah sehingga menjadi berkah bagi keluarga petani yang menghendaki keluarganya hidup sejahtera,” ungkapnya. (Alen)

Komentar

News Feed