oleh

Festival Kolecer Majalengka Siap di Gelar

-News-242 views

Min.co.id-Majalengka – Banyak yang mengatakan Majalengka terkenal dengan sebutan Kota Angin, karena angin di Majalengka pada waktu musim kemarau ini lumayan kencang. Melihat potensi tersebut serta dalam memeriahkan  Hari Jadi Kabupaten Majalengka yang ke 529 tahun, Padepokan Bunilaya Kuda Putih Majalengka akan menggelar Festival Kolecer dari tanggal 10-16 Juni 2019.

Koordinator  Festival Kolecer Taufik Hidayat menerangkan, dalam acara Festival Kolecer tersebut akan di isi dengan kegiatan donor darah, pentas seni, bazar, dan pemutaran film dokumenter.

“Rencana peserta sekitar 100 orang akan menampilkan seni kreatifnya serta harus menarik perhatian tim panitia dengan karakteristik akan nilai keindahan merangkai kolecer. Acaranya akan terpusat di Desa Cengal, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya dibantu oleh Pemerintahan Desa setempat, Kecamatan, Dinas Parbud Majalengka dan Organisasi Kepemudaan”, terangnya. (Sabtu, 9/6/2019)

Lanjut pria yang suka di panggil Uwa Geblug  merupakan pimpinan Padepokan Pencak Silat Ujungan Kuda Putih tersebut, kolecer atau dalam istilah pengertian umumnya sebuah baling baling penunjuk arah mata angin yang biasa digunakan pada zaman terdahulu dan merupakan sebuah mainan populer di wilayah sunda.

Dahulu, kolecer juga dimanfaatkan juga sebagai alat untuk mengusir burung yang mencoba memakan padi di area pasawahan dengan bunyinya.

“Kami, ingin menyemarakan di HUT Majalengka yang ke 529 tahun dan mencoba mengenang kembali tradisi ini khususnya kepada para generasi muda di era generasi milenial kekinian.

Harapan untuk tahun kedepannya akan menggelar 1000 kolecer untuk kemajuan Pariwisata di Majalengka agar ada perhatian dari Kementrian Pariwisata dalam Pesona Indonesia dan masuk rekor Muri”, harapnya (Ndra)

Komentar

News Feed