oleh

Pentingnya Character Building Sejak Dini

Min.co.id-Garut-Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman mengingatkan  pentingnya penanaman karakter di lingkungan anak , karena sejatinya dengan belajar karakter di tingkat dasar justru itu yang akan membekas di kemudian hari. Hal itu diungkapkannya di hadapan para kepala sekolah SMP dalam acara Penyerahan Buku Garuda, Mitos atau Fakta untuk Indonesia, di area Pusat Penangkaran Elang, Jalan Raya Kamojang.

Acara ini diinisiasi PWI Perwakilan Garut dalam rangkaian Hari Pers Nasional Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Garut. Acara ditandai penyerahan Buku Garuda, Mitos atau Faktanya di Indonesia kepada para ketua rayon pendidikan, disaksikan Kepala Dinas Pendidikan H. Totong, Kepala Diskominfo, H. Muksin, dan Ketua MKKS Kabupaten Garut, . Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Garut,  Rd. Yusup Satria Gautama.

Helmi Budiman menerangkan, perlunya  ditanamkan karakter cinta lingkungan melalui Budaya Gemar Menanam dan Budaya Mencintai Sampah. “Saya melihat banyak sekolah kita lihgkungannya hijau, tapi sedikit di antaranya memiliki karakter peduli lingkungan sekitar,” ungkap Helmi.

Helmi menceritakan, bagaimana ia masa kecil di sekolah dasar sering ditugasi untuk membawa pot tanaman ke sekolah dengan media dari bahan daur ulang (semisal kaleng bekas) berikut tanamannya.

Sekolah juga, imbuhnya, bisa menanamkan sikap Mencintai Sampah. Selama ini kita memperlakukan sampah sebagai barang tidak berguna, sehingga istilah membuang sampah menjadi sesuatu yang lumrah. “Padahal dalam sampah terdapat sesuatu yang bermanfaat,” tegasnya.

Helmi juga mengingatkan kepada para kepala  SMP yang hadir saat itu agar senantiasa memberikan rangsangan kepada anak didik untuk selalu menanam pohon. “Kita hadir disini dan tempat ini menjadi inspirasi buat kita agar lebih mencintai lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua PWI Perwakilan Kabupaten Garut, Ari Maulana Karang, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari serangkain kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari. “Hari ini kita membagikan Buku Garuda Mitos dan Faktanya di Indonesia, kemudian penanaman pohon sebanyak 500 pohon ini salah satu program bhakti lingkungan Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Kabupaten Garut setelah bakti lingkungan kita juga akan mengadakan bakti sosial,” terangnya

Bakti lingkungan menanam pohon, imbuhnya, bukan hanya menanam pohon saja, namun pohon-pohon  yang ditanam nantinya akan dijaga dan dirawat di seluruh kawasan Kamojang oleh perawatnya selama 5 tahun ke depan.(rls)

Komentar

News Feed