oleh

Ganjar Bebaskan SPP SMA/SMK, Warga Jateng Sambut Gembira

Min.co.id-Jepara-Program SPP gratis bagi siswa-siswi SMA/SMK yang diluncurkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah disambut baik oleh warga sekolah di daerah. Berkat anggaran Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang kini dikover Pemprov Jateng, SPP siswa sekarang nol rupiah.

Kepala SMAN 1 Jepara Udik Agus DW mengatakan, sebelum dikelola provinsi, SPP di SMAN 1 Jepara sebesar Rp 175 ribu per siswa. Setelah dikelola Pemprov Jateng, SPP turun menjadi Rp 75 ribu. “Sekarang jadi nol rupiah,” kata Udik, Rabu (8/1/2020).

Udik menilai pemberlakuan SPP gratis di Jawa Tengah ini sangat meringankan beban masyarakat untuk mengenyam pendidikan.

Pemberlakuan program SPP gratis turut disambut positif oleh para pelajar. Siswa SMAN 1 Jepara, Muhammad Pangeran Langit Al Biru berpendapat, program ini secara tidak langsung mendukung peningkatan literasi siswa.

“Uang yang tadinya dipakai untuk bayar SPP bisa untuk beli buku. Apalagi saya sekarang di kelas XII, butuh tambahan buku pelajaran untuk persiapan ujian nasional,” ujar Muhammad.

Kegembiraan juga dirasakan Juwari, seorang wali murid. Menurutnya, program SPP gratis ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

“Baru pertama kali ada program SPP gratis di Jawa Tengah. Tentu saya sangat menyambut baik. Sebenarnya kalau harus bayar SPP, saya masih mampu. Tapi kalau ada program seperti ini kan kami sangat terbantu. Uang SPP bisa dipakai untuk bayar les karena anak saya juga ikut les,” kata Juwari. (Red/Humasjateng)

Komentar

News Feed