Kabid Humas Polda Jabar : Bhabinkamtibmas Polsek Jatiwangi Polres Majalengka Polda Jabar Kreatif, Ubah Motor Jadi Mesin Pemadam Penanggulangan Karhutla

Min.co.id-Jabar-Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jatiwangi Polres Majalengka Polda Jawa Barat, Bripka Rino Roen Antoni Tampubolon memodifikasi kendaraan roda dua Bhabibkamtibmas untuk dijadikan kendaraan serba guna, salah satunya sebagai mesin penyemprot dan penyedot air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Rabu (8/7/2020).

“Ide tersebut muncul dari Kapolsek Jatiwangi KOMPOL Asep S Fiqih saat arahan Kapolres Majalengka AKBP Dr. Biismo Teguh Prakoso waktu Pelatihan simulasi Penanggulangan Karhutla lebih bagus Kendaraan Dinas Bhabinkamtibmas digunakan penyemprotan dan menyedot air dengan mesin menggunakan sepeda motor agar mudah saat terjadi Karhutla, Ucap Kapolsek KOMPOL Asep S.Fiqih.

Saat itulah, saya terinspirasi untuk membuatnya menjadi mesin penyemprot dan penyedot dalam membantu memadamkan api ketika Anggota Bhabinkamtibmas turun ke lapangan, jika terjadi kebakaran lahan, mobil pemadam tidak bisa masuk ke dalam dengan kondisi jalan yang kecil,” kata KOMPOL Asep S.Fiqih.

Ditempat Terpisah Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso saat mengecek kendaraan Dinas Bhabinkamtibmas di modifikasi sangat mendukung dijadikan kendaraan serba guna, salah satunya sebagai mesin penyemprot dan penyedot air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hal itu dilakukan untuk mengetahui efek sedotan dan semburan air dari mesin sepeda motornya. Ucap Kapolres Majalengka

“Sepeda motor itu dipasang mesin penyemprotan dan sedot air dan dilengkapi di dalam boks bagian belakang sudah tersedia peralatan seperti selang air dan berbagai peralatan lainnya, sehingga dengan mudah dan praktis dimodifikasi ketika diperlukan untuk memadamkan lahan yang medannya cukup sulit dan tidak bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat milik pemadam kebakaran,” terang Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso.

Selain itu Kapolres Majalengka Polda Jabar juga akan merencanakan seluruh kendaraan dinas Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran khususnya bagi Anggota Bhabinkamtibmas yang tugasnya dekat dengan Potensi Karhutla akan dimodifikasi kendaraan dinasnya sebagai kendaraan serba guna, salah satunya sebagai mesin penyemprot dan penyedot air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Tukas Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *