oleh

Arca Purbakala Berumur Seribu Tahun Ditemukan di Wilayah Majalengka

Min.co.id, Majalengka – Penelusuran Grup Madjalengka Baheula (GRUMALA) menjadi pangalaman tersendiri bagi para anggotanya untuk menelusuri peninggalan Sejarah yang berada di Majalengka.

Seperti yang dilaksanakan setiap liburan, para jurig (juru gejlig) panggilan para penggiat yang tergabung dengan grumala sering menelusuri tempat-tempat sejarah, peninggalan jaman dahulu yang belum terjamah sekalipun akan di cari keberadaannya.

Minggu ini (3/10: red) grumala menelusuri patung yang di perkirakan telah berumur lebih dari 1.000 tahun, terletak di sebuah desa wilayah Kabupaten Majalengka yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, Minggu (3/11/2019).

Patung ini sangat dilindungi oleh penduduk setempat karena keberadaan sudah ada sejak masih jaman kakek buyutnya ada, masyarakat setempat menyebutnya patung Kera Putih sebagai lambang Pajaga (penjaga) lingkungan daerah tersebut.

Dari jaman penjajahan dan grombolan, patung tersebut dipercaya dapat melindungi kampung tersebut dari para penjajah bahkan grombolan bahkan ada mencapai 3 patung kata Lurah di tempat tersebut.

Patung arca pajagan ini berdiri di tengah tumpukan batu yang sudah berlumut dengan Tinggi patung 45 cm, Lebar 35 cm dan Tebal 10 cm ini sangat misterius dan penuh misteri.

Menurut ketua Grumala NaRo didampingi oleh Asep Asdha Singawinata dan para pemerhati Grumala juga dari Pemerintah setempat bahwa tempatnya masih akan di rahasiakan mengingat dengan kejadian yang lalu kalau sudah terekpose banyak pengincar benda-benda purbakala yang akan dijadikan koleksi pribadi, jika butuh informasi datang saja kepadanya kata naro.

Ketua Yayasan Grumala Dr. Andi Iman Wandi didampingi penasehat Grumala Prof. Ika Djatnika dan lurah setempat Ida sepakat bahwa tempatnya akan di rahasiakan dulu, mengingat keamanan arca Kera Putih tersebut umurnya sudah lebih dari seribu tahun ungkapnya. (topik)

Komentar

News Feed