oleh

Kapolda Jateng Himbau Pemudik Membatasi Kecepatan Saat One Way

-News-131 views

Min.co.id, Jateng – Kapolda Jateng, Irjen (Pol) Rycko Amelza Dahniel, mengatakan hingga H-2 lebaran 2019, tercatat sejumlah kecelakaan lalu lintas yang merenggut 13 jiwa. 9 korban di antaranya akibat kecelakaan di dalam tol.

“Jumlah korban meninggal kurang lebih di dalam tol ada 4 dan di luar tol ada 9,” kata Irjen Rycko kepada wartawan di sela-sela pantauan arus kendaraan di Pos Gandulan, Pemalang, Senin (3/6/2019).

Hingga H-2, lanjutnya, tercatat ada kenaikan kendaraan 200 persen dibanding hari biasanya. “Pada tanggal 31 puncak arus, mengalami kenaikan 300 persen dari hari biasanya, namun hari ini mengalami penurunan 100 persen. Tinggal 200 persen dari hari biasa,” jelasnya.

Lebih lanjut Rycko juga menyoroti kecepatan kendaraan pemudik saat diberlakukan one way. Kebanyakan saat one way lancar, pemudik memacu kecepatan hingga 100 km/jam bahkan lebih. Hal itu dinilai membahayakan.

Terlebih, pada saat jalur one way lancar, kebanyakan pemudik tidak memanfaatkan rest area untuk beristirahat. “Kelelahan tidak mau istirahat,” kata Rycko.

Untuk itu, pihaknya saat ini akan melakukan koordinasi dengan Korlantas dan Dinas Perhubungan, untuk melakukan pembatasan kecepatan kendaraan. “Kita koordinasi dengan Korlantas dan Dinas Perhubungan untuk mengurangi kecepatan. Batasan maksimal kendaraan 100 km/jam,” jelasnya. (ntmc)

Komentar

News Feed