oleh

Laksda TNI Edi Sucipto Lepas Taruna/Taruni AAL di Ajang The 3rd PN International Nautical Competition

Min.co.id-Jatim-TNI Angkatan Laut melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) mengirimkan Taruna/Taruninya untuk mengikuti kejuaraan Layar dan Renang diajang “The 3rd PN International Nautical Competition” tahun 2020. Lomba akan dilangsungkan 3-6 Februari 2020 mendatang di Pakistan Naval Academy, Karachi, Pakistan.

Gebernur AAL, Laksda TNI Edi Sucipto, Sabtu (1/2) menjelaskan, keberangkatan Tim Taruna/Taruni AAL ke ajang INC ini diapresiasi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Di ajang kejuaraan bergengsi tahunan antar Naval Academy sedunia ini, diikuti 33 negara di antaranya Azerbaijan, Australia, Bahrain, Bulgaria, China, Cambodia, Egypt, France, Germany, Indonesia, Italy, Jorna, Kenya, Kingdom Of Saudi Arabia, Kuwait, Malaysia, Oman, Nigeria, Qatar, Romania, Russia, Srilangka, South Africa, Turkey, Thailand, Turmmenistan, UAE, United Kingdom dan United States Of America.

Menurut Edi, ajang kali pertama digelar PNA ini, AAL akan menurunkan lima Taruna dan Taruninya yang akan bertarung di dua cabang olahraga (Cabor) yakni, Layar dan Cabor Renang. Di Cabor Lacer Class Boat (Radial), AAL menurunkan Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar) (S/W) Septi D. Atikah dan Semadatar (E) Lendi Eko F.

Sedangkan di Cabor Renang menurunkan Semadatar (S/W) Dwi Nita Lestari, Sermadatar (S) Putu Krisna dan Sermadatar (S/W) Salma A Zakaria dengan didampingi 2 Perwira Pe damping Mayor Laut (KH) M. Wandiru dan Kapten Laut (KH) Ahmad Fatah.

Dalam ajang ini, Gubernur AAL tidak menargetkan medali kepada pada anak didiknya. Hal itu mengingat peserta yang terlibat dalam kejuaraan ini adalah para cadet Naval Academy yang selalu berganti setiap waktunya.

Namun demikian bukan hal yang mustahil para Taruna/Taruni tersebut mampu bicara pada tataran Naval Academy tersebut. Seperti beberapa waktu lalu mendapatkan peringkat satu dan empat pada kelas silver Lacer Class Boat (Radial) di India.

Selain itu ada hal yang penting pada ajang tersebut, mengingat kegiatan tersebut juga merupakan peran serta TNI AL, khususnya AAL dalam melaksanakan fungsi diplomasi yang diemban oleh seluruh angkatan laut di dunia tidak terlepas TNI AL. Terlebih disituasi dunia yang tidak menentu, dalam menjalin hubungan dan kepercayaan, Confidence Building Measures (CBMs) menjadi suatu kebutuhan.

Namun ia menekankan anak didiknya untuk tetap semangat, militan dan berjuang pantang menyerah serta junjung tinggi sportifitas dalam bertarung. “Berjuanglah dengan sepenuh kemampuanmu, tunjukan yang terbaik, namun tetap jaga sportifitas,” pintanya. (afr/s)

Komentar

News Feed