oleh

Argowisata Situ Bolang – Indramayu Jadi Trend Wisata Awal Tahun 2020

-Travel-342 views

Min.co.id-Indramayu-Moment tahun baru 2020, sebagian masyarakat memanfaatkannya liburan awal tahun ini dengan mengunjungi salah satu obyek wisata yang sedang trend dan viral dimedsos salah satunya adalah argowisata ‘Situ Bolang’ yang berlokasi di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung – Indramayu.

Penggagas Agrowisata Situ Bolang, H. Urip kepada wartawan Min.co.id mengatakan bahwa Agrowisata ‘Situ Bolang’ merupakan bagian dari inovasi baru, dahulunya terkenal dengan obyek wisata waduk situ bolang, kemudian kami coba untuk kembangkan kembali dengan inovasi dan kreatifitas dengan memperindah kawasan seperti tanaman bunga matahari dan pohon mangga sebagai identik kota indramayu. Rabu (01/01/2020).

Kedepannya, selain sebagai tempat wisata nantinya juga akan menjadi tempat edukasi wisata kepada para pelajar, mahasiswa maupun untuk kelompok tani, kita tinggal mempersiapkan sarana dan prasarana penunjangnya yang lebih lengkap. Disini anak-anak dan pelajar akan diajarkan bagaimana cara berkebun mangga dengan baik dimulai dari penyemaian biji, penanaman bibit dan cara menanam pohon mangga yang benar dan baik, edukasi ini bertujuan agar mereka memiliki kecintaan terhadap pohon.

Di agrowista ini hampir delapan puluh persennya kami tanami Pohon Mangga Agrimania yang sudah dipatenkan.

Ukuran buah mangganya besar (bobot) Mangga Agrimania 771-1400 gram dan potensi produksinya tinggi dalam setahun hampir 3 kali panen. Ciri utama mangga Agrimania bentuk buahnya bulat, warna pangkal buah kuning kemerahan dan ujungnya kuning kehijauan, ” Ujar H. Urip.

Penggagas Argowisata ‘Situ Bolang’ H. Urip

Bila sudah berbuah pengunjung dapat langsung menikmati mangga maupun tanaman buah lainya, karena agrowista sekaligus sebagai tenpat edukasi dan penjualan buah.

Harapannya tahun 2020 terrealisasinya prasarana pendukung untuk edukasi anak-anak di Agrowisata Situ Bolang karena ini murni swadaya dari anggota berjumlah 14 orang . Luas Agrowisata sekitar 15 hektar tanahnya milik para anggota yang sepaham tentang agrowisata.

Perhatian dari pemerintah daerah Indramayu dengan dibuatkan jalan aspal hot mix dari Situ Bolang sampai ke wisata agrowisata sepanjang 800 m karena sebagai distinasi wisata selain Situ Bolang ada Agrowisata Tanaman Buah dengan metode tanaman buah dengan jarak sangat pendek. Pungkas H. Urip. (Has)

Komentar

News Feed